Monday 25 March 2013

SOUVENIR LILIN AROMATERAPI BERBAHAN DASAR EKSRTRAK DAUN RASAMALA (Altingia excelsa)


Hutan memiliki manfaat yang sangat penting terhadap kehidupan manusia. Hal ini disebabkan sebagian besar  kebutuhan manusia berasal dari hasil hutan, baik kayu maupun non kayu.  Saat ini, pemanfaatan hasil hutan kayu sangat mendominasi perhatian masyarakat, karena mampu meningkatkan perekonomian. Sementara itu, terdapat  hasil hutan lainnya, yaitu non kayu yang juga memiliki potensi tinggi untuk kesejahteraan manusia.  Salah satu tanaman kehutanan yang memiliki dwi fungsi, dimanfaatkan kayu maupun non kayunya adalah Rasamala (Altingia excelsa).
Rasamala (Altingia excelsa Noronha) adalah pohon hutan yang dapat tumbuh sangat tinggi, mencapai 40 hingga 60 meter. Pohon ini bernilai ekonomi karena kayunya yang kuat dan cocok untuk kerangka jembatan, tiang, konstruksi, tiang listrik dan telpon, serta penyangga rel kereta api. Selain itu, dimanfaatkan untuk konstruksi berat, rangka kendaraan, perahu dan kapal, lantai, rakit, vinir, dan plywood.  Di Jawa Barat, daun yang masih muda berwarna merah sering untuk dikonsumsi sebagai sayur atau lalap.  Daun yang ditumbuk halus biasa juga digunakan sebagai obat batuk.  Getahnya berbau aromatik dapat digunakan sebagai pengharum ruangan. Kesibukan dan rutinitas sering membuat kesehatan dan konsentrasi menurun.  Adanya aromaterapi ini mampu meningkatkan kerja otak dan memberikan  ketenangan  tubuh yang lelah selama beraktivitas.
Aromaterapi ekstrak daun rasamala ini akan dikemas dalam bentuk lilin dengan penampilan yang variatif, unik dan artistik sehingga dapat dijadikan souvenir yang cantik.  Kelebihan lain dari pengemasan aromaterapi ini adalah nilai praktisnya, yaitu lilin dapat dinyalakan saat menjelang tidur ataupun saat bekerja sehingga tidak perlu ke dokter ataupun ke tempat-tempat pengobatan dalam melakukan terapi.  Karena kelebihan dan keunggulan dari aromaterapi ekstrak daun rasamala ini, maka akan dilakukan usaha mengenai Souvenir Lilin Aromaterapi Berbahan Dasar Ekstrak Daun Rasamala ( Altingia excelsa ). 
wanna see more? click download here.



No comments:

Post a Comment