Friday 20 September 2013

PENGARUH BEBERAPA KONSENTRASI STREPTOMISIN TERHADAP PERTUMBUHAN ISOLASI MIKROORGANISME TANAH


Antibiotika adalah zat yang dihasilkan oleh suatu mikroba, terutama fungi/jamur, yang dapat menghambat atau dapat membasmi mikroba jenis lain. Banyak antibiotika saat ini dibuat secara semi sintetik atau sintetik penuh. Namun dalam prakteknya, antibiotika sintetik tidak diturunkan dari produk mikroba (misalnya kuinolon).
            Antibiotika adalah obat yang ampuh dan sangat bermanfaat jika digunakan secara benar. Namun, jika digunakan tidak semestinya antibiotika justru akan mendatangkan berbagai resiko. Antibiotika hanya ampuh dan efektif membunuh bakteri tetapi tidak dapat membunuh virus. Penyebab utama timbulnya resistensi antibiotika adalah karena penggunaan antibiotika yang tidak tepat, tidak tepat sasaran, dan tidak tepat dosis.
            Salah satu jenis antibiotik adalah streptomisin yang dapat menghambat bakteri gram positif dan negatif serta sebagai inhibitor sintesis protein. Secara fisik, streptomisin berbentuk seperti kristal berwarna putih. Streptomisin dihasilkan oleh Actinomycetes dari genus Streptomyces, yaitu Streptomyces griseus (Prihatini A 2012). Konsentrasi streptomisin yang dilarutkan ke dalam media PDA (Potato Dextrose Agar), pada umunya adalah 1 kapsul streptomisin (250 mg) untuk 1 liter PDA. Pada praktikum pemberian beberapa konsentrasi streptomisin pada media PDA, juga digunakan isolasi mikroorganisme tanah.
            Mikroorganisme tanah merupakan bagian terpenting dari kehidupan di dunia, karena merupakan bagian dari sistem biologi dan kimia, serta kehidupan flora, fauna dan mikroorganisme itu sendiri. Secara fungsional bahan organik dan anorganik yang dilepas tanaman ke dalam lingkungan berguna untuk keberlangsungan hidup mikroorganisme (Setiadi 1989). Pertumbuhan mikroorganisme tanah pada masing-masing konsentrasi streptomisin akan diamati dan dilihat kerja streptomisin yang paling efektif , yakni berada di kisaran konsentrasi 0,025 g; 0,05 g; atau 0,075 g.


click here to download

No comments:

Post a Comment