Friday 20 September 2013

PEMBUATAN TEH BELTEA BERBAHAN DASAR DAUN KEJI BELING (Clerodendron calamitosum L.) SEBAGAI ALTERNATIF PENGOBATAN DIABETES MELITUS


ABSTRAK
Pengobatan penyakit yang dilakukan dengan bahan kimia membuat efek samping terhadap manusia dalam waktu konsumsi yang panjang. Untuk itu diperlukan alternatif pengobatan yang back to nature, seperti penggunaan tanaman obat. Tanaman obat banyak digunakan masyarakat menengah kebawah dalam upaya preventif, promotif dan rehabilitatif. Banyak orang beranggapan bahwa penggunaan obat tradisional relatif lebih aman dibandingkan obat sintesis. Salah satu dari tanaman obat yang memiliki manfaat besar adalah tanaman keji beling sebagai alternatif pengobatan diabetes melitus.
Diabetes melitus ialah suatu keadaan yang timbul karena defisiensi hormon insulin relatif maupun absolut. Insulin berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen. Hiperglikemia dapat timbul apabila penyerapan glukosa ke dalam sel terhambat serta metabolismenya terganggu. Pada penderita diabetes mellitus semua proses tersebut terganggu, glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel, sehingga sumber energi utama diperoleh dari metabolisme protein dan lemak. Kadar glukosa dalam darah yang melebihi kadar normal akan menyebabkan sekresi glukosa melalui urin (glukosuria). Hal ini meyebabkan keseimbangan kalori negatif dan berat badan semakin berkurang.
Keji Beling (Clerodendron calamitosum L.) adalah tumbuhan dari bangsa Solanales. Tanaman keji beling mengandung beberapa zat gizi yang berkhasiat dalam mengobati beberapa penyakit, seperti batu ginjal, diabetes melitus, maag dan sebagai laksatif (mengatasi sembelit). Berdasarkan hasil penelitian daun keji beling mengandung kalium dalam jumlah besar. Oleh karena itu, penderita diabetes mellitus yang mengkonsumsi daun keji beling akan mendapat asupan kalium sehingga merangsang terjadinya peningkatan jumlah insulin yang disekresikan oleh pankreas.
Manfaat dari tanaman keji beling dapat diwujudkan  dalam bentuk produksi teh keji beling (Beltea) yang melalui tahapan produksi tertentu dan dapat dipasarkan di masyarakat dengan mudah.
Kata Kunci : Diabetes Melitus, Daun Keji Beling, Teh

click here to download

No comments:

Post a Comment